ernest
Social Media

Akibat Blunder, Kontrak Ernest Prakasa Dihentikan Sido Muncul

Ernest Prakasa dihentikan kontraknya oleh Sido Muncul sebagai salah satu bintang iklan yang dikontrak selama setahun untuk mempopulerkan Tolak Angin. Pasalnya cuitan Ernest tentang Wakil President Yusuf Kalla yang sedang bersalaman dengan Dr. Zakir Naik dianggap melecehkan agama . Sontak publik langsung bereaksi dengan keluarnya tagar #BoikotTolakAngin.

Ini bukan kali pertama Ernest melakukan blunder di media sosial. Dahulu Ernest pernah melakukannya di kampanye digital Mini dimana dia yang diberitakan diculik oleh orang tak dikenal secara tak sengaja menaruh #Mini di video yang sedang diunggahnya. Sehingga publik yang semula bersimpati, berbalik menjadi marah. Namun blunder tersebut tidak mempengaruhi Mini sebagai sebuah brand.

Berbeda dengan Mini, kasus Ernest Prakasa yang dianggap melewati batas dan berbuah #BoikotTolakAngin secara tidak langsung berimbas kepada brand yang sedang dibawanya tersebut. Tak mau kasus ini berlarut-larut, akhirnya PT Sido Muncul sebagai pemilik merek Tolak Angin memberikan klarifikasi atas insiden yang terjadi.

Irwan Hidayat selaku Direktur PT. industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menjelaskan bahwa iklan Tolak Angin dengan model Ernest Prakasa sudah tidak ditayangkan. Selain itu, kontrak kerja antara Sido Muncul dengan Ernest juga hampir habis dan tidak ada niatan untuk memperpanjangnya.

Namun apabila memang kontrak Ernest masih panjang, perusahaan akan segera memutuskannya karena sudah dianggap merugikan perusahaan meskipun ada permintaan maaf resmi dari pihak Ernest. Menurut Irwan, kasus ini akan menjadi pembelajaran bagi PT SidoMuncul agar lebih berhati-hati dalam menjalankan kerja sama dengan bintang iklan.

Irwan berharap masyarakat mampu membedakan pendapat pribadi atau perusahaan. Karena dalam kasus ini, Tolak Angin tidak bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi karena Ernest.

Independent media yang menyuguhkan informasi seputar dunia advertising, digital, social media, Creative, PR, Mobile dan Marketing di Indonesia.

Copyright © 2013-17 Campaign Indonesia. A B29 Media Group.

To Top