Advertising

Iklan Ramadhan dan Lebaran Terbaik 2015

lebaran 2015

Puasa dan lebaran adalah salah satu momen yang ditunggu. Tak pelak lagi hal inilah yang membuat beberapa brand berlomba untuk meraih perhatian. Belanja iklan TV lebaran tahun 2015 saja mencapai 7 Trilyun dari data Adstensity. Iklan TV produk Marjan menempati posisi teratas mencapai Rp 428,190 miliar, angka ini naik dari posisi sebelumnya Rp 207,022 miliar. Traveloka menyeruak ke posisi 2 dengan Rp 156,017 milliar dan menyumbang 95% total belanja iklan travel and tour selama puasa dan lebaran. Sedangkan angka yang dikeluarkan untuk belanja iklan digital, belum tercatat sampai saat ini.

Lalu apa iklan ramadhan dan lebaran terbaik 2015 . Kami memilih berdasarkan kreatifitas. Berikut daftarnya:

 

1. Line – Pulang Bersama Line

Line kembali lagi menggebrak dengan online video tentang lebaran yang mungkin akan membuat anda tersedu-sedu. Diklaim berdasarkan dari kisah nyata pengguna line di Indonesia, short movie ini mengetengahkan cerita seorang suami yang terpisah dari istrinya dan anaknya baru saja lahir. Kisah ini adalah lanjutan dari seri sebelumnya dimana sang suami harus bekerja di remote area saat istrinya melahirkan.

 

Kenapa terbaik? Berdasarkan kisah nyata, well executed dan fungsi produk jelas tanpa terlihat berlebihan.

 

2. Pocari Sweat – #KEJARBIRU

Bulan ramadhan, bulan penuh berkah. Termasuk bagi Dion yang mengejar Biru. Kampanye video interaktif pertama di Instagram yang diluncurkan saat sahur selama bulan ramadhan berhasil mendongkrak perolehan fans yang signifikan.

Kenapa terbaik? Interaktif instagram video pertama di Indonesia. 

 

3. OLX – Bekas Jadi Berkah

Apa yang sederhana kadang bisa berguna bagi orang lain. Ini kali kedua OLX mengusung campaign #BekasJadiBerkah. Versi pendeknya juga ditampilkan sebagai TVC.  Langsung menyasar keinginan yang kurang beruntung untuk menggugah penonton agar menyedekahkan barang bekasnya. Meskipun TVC tidak sekuat versi Hidden Motivations di tahun 2014.

 

Kenapa terbaik? Menyumbang dengan cara yang sederhana.

 

4. Traveloka – Kisah Tentang Apak

Kisah anak laki-laki dan bapaknya bagi sebagian orang bukanlah sebuah material yang seksi. Namun problem klasik hubungan antara mereka disajikan dengan apik oleh Traveloka, sebuah perusahaan online reservation. Bercerita tentang Apak (=Ayah dalam bahasa padang) yang pelupa dan seorang anak yang merasa bahwa hal itu sangat mengganggunya.

Kenapa terbaik? Simple touching story, good insight, well executed dan masakan padang. Siapa yang mampu menolaknya?

 

5. ROYCO – JANJI RAMADHAN

Kisah anak laki-laki yang baru pertama kali puasa full dan ayahnya yang berjanji akan berbuka puasa pertama di rumah. Seperti kebanyakan masyarakat muslim di Indonesia yang menganggap buka puasa pertama lebih ‘afdol’ kalau di rumah. Meskipun terlalu “over selling” produknya layaknya TVC, tapi Royco bisa membuatnya lebih dramatis.

 

Kenapa terbaik? Insight yang pas, soto di kala hujan dan lapar? Istimewa.

 

Itulah beberapa campaign atau iklan yang patut ditonton selama bulan ramadhan dan lebaran 2015. Apakah ada digital campaign atau TVC terbaik ramadhan dan lebaran versi anda? Silahkan tinggalkan komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Independent media yang menyuguhkan informasi seputar dunia advertising, digital, social media, Creative, PR, Mobile dan Marketing di Indonesia.

Copyright © 2013-17 Campaign Indonesia. A B29 Media Group.

To Top